Sari, Intan Permata and Nanto, Dwi and Putri, Ananda Alifia (2022) Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal Mentari: Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1 (1). pp. 1-9. ISSN 2963-4148
Text
124-Article Text-929-1255-10-20221214.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (332kB) |
Abstract
Model pembelajaran berbasis masalah atau PBL (Problem Based Learning) digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif jurnal nasional yang terakreditasi oleh sinta. Penggunaan teknik meta-analisis digunakan untuk mengetahui dampak pada model pembelajaran PBL. Hasil penelitian dapat diperoleh dengan menggunakan metode meta-analisis. Kebaruan yang didapat menunjukkan rata-rata effect size atau besar pengaruh 0,265 atau kategori efek besar. Sehingga secara keseluruhan berdampak positif dan efektif. Model PBL (Problem Based learning) berpengaruh positif jika dilihat dari segi tingkat pendidikan, materi yang digunakan, dan media yang dipakai. Dapat disimpulkan hasil belajar fisika siswa menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dinilai efektif dan terlihat adanya peningkatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | General > Meta-Analisis General > Pembelajaran Berbasis Masalah |
Depositing User: | Admin Digital Blue Ocean |
Date Deposited: | 25 Jun 2023 01:37 |
Last Modified: | 25 Jun 2023 01:37 |
URI: | http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/1159 |
Actions (login required)
View Item |