Haryani, Hendriyati and Wahid, Syahrul MuArif and Fitriani, Anandha and Ariq, Muhammad Faris (2023) Analisa Peluang Penerapan Teknologi Blockchain dan Gamifikasi pada Pendidikan. Jurnal MENTARI: Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1 (2). pp. 1-12. ISSN 2963-4148
Text
250-Article Text-1101-1480-10-20230128.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (384kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan terdapat 2 aspek yang digunakan sebagai solusi untuk mendukung pendidikan yang lebih baik. Aspek pertama berupa konsep blockchain modern yang memiliki potensi positif apabila diterapkan dalam dunia pendidikan. Aspek kedua berupa konsep kegiatan pembelajaran bersaing dalam bentuk pekerjaan berupa gamifikasi. Blockchain dan gamifikasi adalah topik yang berkembang pesat di bidang akademis dan bisnis, mewakili perubahan paradigma dari komputasi terpusat ke desentralisasi. Namun permasalahan pada saat ini, masih minimnya penelitian mengenai blockchain yang diimplementasikan pada bidang gamifikasi pada dunia pendidikan masih minim jumlahnya. Kedua bidang tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut secara intensif sebagai bagian dari pengenalan TIK dalam pengajaran mendalam dan juga dalam pendidikan orang dewasa. Sehingga, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis peluang penerapan teknologi blockchain dan gamifikasi di dunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi jenis teknologi blockchain dan gamifikasi yang telah digunakan secara terstruktur di dunia pendidikan. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa teknologi blockchain dan gamifikasi dapat memberikan solusi bagi dunia pendidikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Technologies > Blockchain General > Pendidikan (General) General > Teknologi (General) |
Depositing User: | Admin Digital Blue Ocean |
Date Deposited: | 25 Jun 2023 03:44 |
Last Modified: | 25 Jun 2023 03:44 |
URI: | http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/1165 |
Actions (login required)
View Item |