Search for collections on Digital Blue Ocean

Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen

Herlina, Marliani (2023) Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen. Jurnal MENTARI: Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1 (2). pp. 1-11. ISSN 2963-4148

[img] Text
251-Article Text-1103-1482-10-20230128.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB)

Abstract

Selama abad terakhir, cara hidup manusia telah mulai melampaui batas-batas biofisik Bumi dengan cara yang mengkhawatirkan. Pengaruh biofisik bumi lebih dramatis dan tahan lama daripada sebelumnya. Banyak peneliti yang berpendapat bahwa umat manusia sudah menciptakan zaman geologi baru, yang mereka sebut Antroposen. Pendidikan, bahkan pada anak usia dini, sering dihadirkan sebagai obat untuk masalah yang kompleks ini. Namun, bagaimana orang bisa mempersiapkan anak kecil untuk menghadapinya dengan perubahan yang luar biasa seperti itu. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan dan menguraikan misi pendidikan anak usia dini di zaman Antroposen. Metode penelitian ini menggunakan tinjauan literatur yang komprehensif, yang telah mencoba menemukan jawaban tentang bagaimana Antroposen dapat ditangani di pendidikan anak usia dini. Kami telah mencari jawaban dalam literatur ilmu alam, dokumen kebijakan, artikel penelitian pendidikan dan filsafat, dan mendiskusikan berbagai sudut pandang yang telah kami identifikasi. Kami berpendapat bahwa Antroposen menuntut pendidikan baru yang lebih otentik; perubahan menuju pendekatan yang lebih holistik, transformatif, dan berorientasi pada keberlanjutan. Pada saat yang sama, anak-anak seperti biasa memiliki hak atas masa kanak-kanak yang aman, positif, dan membesarkan hati.

Item Type: Article
Subjects: General > Antroposen
General > Pendidikan (General)
Depositing User: Admin Digital Blue Ocean
Date Deposited: 25 Jun 2023 03:44
Last Modified: 25 Jun 2023 03:44
URI: http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item