Search for collections on Digital Blue Ocean

Workshop Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Berdasarkan Kisi-Kisi Ujian Nasional Matematika SD

Muhassanah, Nur’aini and Hayati, Afifah (2022) Workshop Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Berdasarkan Kisi-Kisi Ujian Nasional Matematika SD. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Jurnal (ADIMAS Jurnal), 2 (2). pp. 1-8. ISSN 2774-5988

[img] Text
workshop-penyusunan-soal-hots-higher-order-thinking-skills-berdasarkan-kisi-kisi-ujian-nasional-matematika-sd.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Matematika. Beberapa kesulitan yang dialami oleh bapak/ibu guru selama mengajarkan soal HOTS adalah kurangnya pemahaman terkait soal HOTS, membuat soal HOTS sesuai dengan indikator, dan kesulitan dalam mengajarkan ke siswa. Kegiatan PKM ini dalam bentuk workshop dimana dimulai dari penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan penyusunan soal HOTS sesuai dengan level kognitif matematika. Dimana kegiatan ini bekerjasama dengan KKG Kecamatan Sumpiuh dengan peserta adalah bapak/ibu guru sebanyak 56 guru kelas 5 dan 6. Metode yang digunakan adalah Service Learning. Hasil dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun soal HOTS sesuai dengan level kognitif matematika ditunjukkan dari hasil penilaian bahwa (1) pada soal HOTS level pengetahuan dan pemahaman (L1) 64.3% masuk kriteria sangat baik; (2) pada soal HOTS level aplikasi (L2) 44.6% peserta masuk kriteria sangat baik; (3) pada soal HOTS level penalaran (L3) sebanyak 46.4% masuk dalam kriteria cukup.

Item Type: Article
Subjects: General > HOTS
General > Level Kognitif
Depositing User: Admin Digital Blue Ocean
Date Deposited: 10 Jul 2023 17:20
Last Modified: 10 Jul 2023 17:20
URI: http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item