Search for collections on Digital Blue Ocean

Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Klasifikasi Algoritma C4.5

Widiastuti, Tri and Karsa, Koko and Juliane, Christina (2022) Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Klasifikasi Algoritma C4.5. Technomedia Journal (TMJ), 7 (3). pp. 1-17. ISSN 2528-6544

[img] Text
5734.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa agar mahasiswa tidak merasa kecewa terhadap pelayanan akademik. Penelitian ini melakukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik yang ada pada Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi. Data set hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik di Unjani ini digunakan untuk menghasilkan model, rule dan nilai akurasi kepuasan mahasiswa dengan menggunakan metode klasifikasi data mining algoritma Decision Tree C4.5, untuk melihat hasil nilai akurasi dari beberapa atribut yaitu tangible, empaty, responsiveness, reliability dan assurance. Hasil dari dari pengujian yang dilakukan dengan aplikasi rapidminer nilai akurasi dari pengujian 7 (Tujuh) Fakultas di Unjani menghasilkan nilai diatas 90% yang artinya nilai tersebut menandakan bahwa pelayanan yang sudah berjalan selama ini dianggap sangat baik. Pengujian survei kepuasan mahasiswa tentunya harus dilakukan secara periodik untuk dapat terus meningkatkan pelayanan akademik kepada mahasiswa menjadi semakin baik.

Item Type: Article
Subjects: Technologies > Data Mining
Depositing User: Admin Digital Blue Ocean
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:36
Last Modified: 17 Jul 2023 08:36
URI: http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/2123

Actions (login required)

View Item View Item