Search for collections on Digital Blue Ocean

Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Transaksi Penjualan Produk Pada Aplikasi Point Of Sales

Masya, Fajar and Fathurrozi, Ahmad and Sugiyatno, Sugiyatno (2023) Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Transaksi Penjualan Produk Pada Aplikasi Point Of Sales. Technomedia Journal (TMJ), 8 (2). pp. 1-12. ISSN 2528-6544

[img] Text
6174.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (751kB)

Abstract

Dalam menghadapi persaingan pasar, untuk dapat meningkatkan penjualan produk yang dijual, pihak terkait harus memikirkan strategi pada pemasaran produk untuk dapat meningkatkan produktivitas penjualan. Salah satunya dengan memprediksi dan menganalisis data transaksi penjualan pada sistem Point of sales yang digunakan. Belum tersedianya analisa perhitungan dari pembentukan suatu pola asosiasi produk yang paling sering dibeli oleh konsumen pada data transaksi penjualan produk. Dengan penerapan teknik data mining pada metode association rule menggunakan algoritma apriori dapat sebagai metode untuk memprediksi dan menganalisis data dari transaksi penjualan, metode ini bertujuan untuk menampilkan informasi tentang hasil data berupa suatu pola asosiasi produk yang paling sering dibeli oleh konsumen. Dengan pola asosiasi produk yang dihasilkan tersebut akan digunakan untuk sebagaipendukung pengambilan keputusan dalam membuat solusi bisnis.

Item Type: Article
Subjects: General > Algorithm
Technologies > Data Mining
Depositing User: Admin Digital Blue Ocean
Date Deposited: 17 Jul 2023 17:17
Last Modified: 17 Jul 2023 17:17
URI: http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item