Search for collections on Digital Blue Ocean

Pembelajaran Interaktif berbasis Gamifikasi guna Mendukung Program WFH pada saat Pandemic Covid-19

Amany, Devia and Desire, Aisyah (2020) Pembelajaran Interaktif berbasis Gamifikasi guna Mendukung Program WFH pada saat Pandemic Covid-19. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal (ABDI Jurnal), 1 (1). pp. 1-8. ISSN 2722-5739

[img] Text
fitraputri-journal-manager-6pembelajaran-interaktif-berbasis-gamifikasi-guna-mendukung-program-wfh-pada-saat-pandemik-covid-19.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era Pendidikan 4.0 saat ini tidak dapat diragukan lagi. Banyaknya media pembelajaran seperti Classroom, Edmodo, Google form, web Blog pribadi dll dapat menjadi pilihan. Pembelajaran jarak jauh sudah tidak asing lagi bagi para millenials, Jarak tidak lagi menjadi penghalang dalam melakukan pembelajaran utamanya pada saat sekarang ini. Akibat terjadinya penyebaran pandemic Coronavirus Disease (Covid-19) kegiatan pembelajaran bertatap muka langsung mulai diliburkan digantikan dengan pembelajaran daring atau disebut dengan Work From Home (WFH). Namun dalam keberlangsungan pembelajaran melalui daring mengalami kendala dan beberapa keluhan seperti jumlah absensi siswa karena kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan dan cenderung membosankan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah memberikan variasi baru dalam proses pembelajaran iLearning dengan berbasis gamifikasi yang diharapkan para murid/siswa tertarik dalam kegiatan belajar mengajar dan membuatnya lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode analisis Gamifikasi dan SWOT yang didasarkan pada kondisi saat ini, dilakukan analisis yang menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran iLearning berbasis gamifikasi dapat menjadi variasi baru dalam kegiatan belajar mengajar serta dapat berjalan efektif pada saat dilaksanakannya Work From Home (WFH) akibat pandemic Coronavirus Disease (Covid-19).

Item Type: Article
Subjects: Technologies > Gamification
General > SWOT
General > iLearning
Depositing User: Admin Digital Blue Ocean
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:36
Last Modified: 06 Jul 2023 08:36
URI: http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item