Search for collections on Digital Blue Ocean

Analisis Gamifikasi iLearning Berbasis Teknologi Blockchain

Aini, Qurotul and Lutfiani, Ninda and Zahran, Muhammad Suzaki (2021) Analisis Gamifikasi iLearning Berbasis Teknologi Blockchain. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal (ABDI Jurnal), 2 (1). pp. 1-8. ISSN 2722-5739

[img] Text
final-pdf-167-fix-converted-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Gamifikasi, pengaplikasian teknik game mekanik pada konteks non-game, menjadi pilihan utama yang mendasari edukasi saat ini. Gamifikasi edukasi mampu memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang timbul akibat metode pembelajaran tradisional yang dianggap kurang sesuai dengan perilaku manusia saat ini. Blockchain telah menjadi topik pembicaraan hangat yang sedang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Blockchain berasal dari suatu komunitas maupun perusahaan dunia yang bertindak sebagai teknologi infrastruktur yang berkembang di berbagai bidang baik industri maupun pendidikan. Kelebihan utama dari blockchain yaitu terbebas dari pihak ketiga sehingga tingkat kemanan, transparansi, dan juga integritas blockchain terbilang cukup tinggi. Saat ini, penelitian mengenai blockchain yang diimplementasikan pada bidang gamifikasi edukasi masih minim jumlahnya. Guna memperluas wawasan mengenai penelitian ini, makalah kami akan mengidentifikasi dan mendiskusikan permasalahan utama terkait edukasi dengan menerapkan gamifikasi edukasi yang diterapkan dengan sistem blockchain. Guna memberikan solusi yang relevan, makalah kami mengusulkan model gamifikasi awal sebagai pondasi dari pengembangan terhadap pengaplikasian dan penelitian mendatang.

Item Type: Article
Subjects: Technologies > Blockchain
General > Education (General)
Technologies > Gamification
Depositing User: Admin Digital Blue Ocean
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:54
Last Modified: 07 Jul 2023 07:54
URI: http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item