Search for collections on Digital Blue Ocean

Pendidikan Manufaktur Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Inovasi Di Era Industri 4.0

Supriagi, Nivandi and Hidayat, Tyiagita Mulyadi and Ahmad, Alfian Dimas Ahsanul Rizki (2021) Pendidikan Manufaktur Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Inovasi Di Era Industri 4.0. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Jurnal (ADIMAS Jurnal), 1 (1). pp. 1-7. ISSN 2774-5988

[img] Text
pendidikan-manufaktur-berbasis-gamifikasi-untuk-meningkatkan-inovasi-di-era-industri-4.0.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (474kB)

Abstract

Isu yang berkelanjutan dalam proses produktif menjadi salah satu tantangan utama yang harus dihadapi para pelaku industri di era modern sekarang. Sebuah paradigma baru muncul di era sekarang yaitu industry 4.0 yang mengarah kepada penciptaan proses yang berkelanjutan terus menerus. Proses pergantian zaman dari yang sebelumnya tradisional menuju modern yang siap dengan segala ha, bagaimanapun itu, menghadirkan berbagai masalah dan hambatan yang harus diselesaikan oleh para pelaku industri atau organisasi. Dalam karya tulis ini, kami memperluas akan pemahaman tentang bagaimana konsep gamifikasi ini dapat diimplementasikan dalam konteks revolusi industri 4.0, yang bertujuan untuk mengembangkan kerangka konseptual untuk dapat diimplementasikan kepada suatu hal yang menangani masalah keberlanjutan itu. Kami berpendapat bahwa mekanisme gamifikasi itu dapat memberikan sebuah kontribusi untuk membantu Pendidikan manufaktur di era revolusi industri 4.0, dan dapat membuat inovasi yang baru dan berkelanjutan. Berdasarkan analisis literatur yang kami dapat, kami dapat menyimpulkan bahwa manufaktur yang berkelanjutan dan industry 4.0 adalah yang paling sedikit pembahasannya karena jarang ada yang menerapkan metode gamifikasi ini. Kontribusi ini dapat membantu para pelaku usaha industri dalam mengembangkan gamifikasi ini dalam sektor manufaktur dan dapat mengatasi beberapa masalah yang sedikit akan dihadapi kedepannya terkait aspek keberlanjutan dalam revolusi industri 4.0 ini.

Item Type: Article
Subjects: Technologies > Gamification
General > Industri 4.0
Depositing User: Admin Digital Blue Ocean
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:43
Last Modified: 10 Jul 2023 06:43
URI: http://dbo.raharja.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item